Translate

Friday, December 7, 2012

PT Matahari Department Store







1.1 Sejarah Perusahaan

Sejarah PT MATAHARI DEPARTMENT STORE, Tbk dimulai pada tahun 1958 yang merupakan cikal bakal toko Matahari di area Pasar Baru, Jakarta. Didirikan oleh Bapak Hari Darmawan, yang reputasi dan pengalamannya sangat terkenal di pasar domestik dan internasional. Beliau adalah seorang pengusaha yang dihormati dalam industri ritel.
Logo Matahari diciptakan pada tahun 1972, dan pada tahun ini juga Matahari menjadi pelopor konsep Department Store di Indonesia. Tahun 1975, Matahari mengubah target pasarnya menjadi kelas menengah dan banyak menjual pakaian dalam negeri.
Pada tahun 1996, pemegang saham mayoritas Matahari diubah tangan dari Bapak Hari Dar mawan ke LIPPO GROUP - Indonesia. Transisi kepemilikan membawa Matahari ke struktur dan strategi bisnis baru. Tahun 1998, Kantor Pusat Matahari dipindahkan dari jalan Samanhudi, Jakarta Pusat ke Menara Matahari, Karawaci Tangerang. Selanjutnya pada tahun 2002, Matahari membentuk Tim Manajemen Baru, dan menetapkan bisnis inti yaitu Matahari Department Store dan Matahari Supermarket. Matahari menjadi Unit Bisnis yang transparan dan independen.
Pada tahun 2004, 2005, 2006, dan 2007 Matahari mendapatkan Gold Award bergengsi di Asia Pasik Ritel Top 500 Awards. Saat ini Matahari dipimpin oleh Benjamin J. Mailool, seorang mantan banker dan CEO bisnis property. Matahari menjadi ujung tombak dominasi pasar di dalam industri untuk menjadi peritel modern terkemuka di Indonesia dalam semua aspek ritel.


1.2 Struktur Organisasi


1.3 Visi dan Misi

 Visi : Menjadi departemen store terbaikyang berpusat pada customer dalam memberikan solusi kepada customer
Misi : Memberikan solusi terbaik kepada customer dan memberikan pengalaman yang luar biasa dalam mendapatkan loyalitas customer

1.4 Kegiatan yang dilakukan 
 -          Observasi
-          Wawancara
Melakukan Dokumentasi

1.5 Waktu dan tempat pelaksanaan

Kami melakukam observasi ke Taman Topi,Bogor  pada hari Kamis, 8 November 2012 di kantor Matahari jam 11 siang.




 Latar belakang

Pasar  tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar menawar,bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai,los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Menjual kebutuhan sehari-hari seperti pakaian,bahan-bahan makanan,dan lain-lain.Pasar ini masih banyak ditemukan di Indonesia,dan umumnya terletak di kawasan yang cukup padat agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.
Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional,namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dlam barang (barcode),berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga. Contoh dari pasar modern adalah pasar swalayan,dan hypermarket,supermarket,dan minimarket.
Pasar modern adalah pasar tradisional yang berkonsep modern dimana barang-barang diperjualbelikan di suatu tempat yang bersih dan nyaman. Di dalam pasar bersih ini menyediakan berbagai jenis dagangan sehingga konsumen bisa mendapatkan kenyamanan berbelanja.
Keunggulan dari pasar modern ini adalah memiliki sirkulasi pengunjung yang teratur,verivikasi dan sanitasi yang baik,kapasitas parkir yang memadai dan keamanan yang terjamin. Pasar modern ini juga menyediakan fasilitas penunjang aktivitas pasar seperti musola, ATM, toilet, tempat cuci, dan pemotongan.

 Perumusan Masalah
  
              Bisnis ritel di Indonesia terus berkembang seiring dengan kondisi ekonomi yang baik dan peningkatan daya beli masyarakat. Berbagai perusahaan menerapkan langkah strategis untuk pengembangan perusahaannya. Sejumlah pengusaha departemen store melakukan restrukturisasi dan verifikasi usaha kebisnis supermarket. Kehadiran rite lasing dengan persaingan yang tinggi tidak membuat perusahaan untuk menutup usahaannya. Pt Matahari Departemen Store merupakan salah satu ritel local yang masih eksis sampai saat ini ditengah persaingan bisnis ritel dengan dukungan banyak pengunjung kelas atas khususnya ekspatriat yang royal untuk berbelanja di gerainya.
                Definisi riset pasar menurut Malhotra (2004) adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pengunjung, dan masyarakat dengan pemasar melalui informasi-informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran. 

 Tujuan dan Manfaat Kegiatan

           A.Tujuan
Dalam melakukan kegiatan riset perusahaan, ada tujuan yang sudah ditargetkan, yaitu mengetahui sistem  penjualan yang berada di Matahati Departemen Store.
B.Manfaat                            
            Manfaat dari observasi ini kita dapat mengetahui sistem-sistem  penjualan dan mengetahui lebih dalam tentang di Matahari Departemen Store

 Metode Penelitian

Observasi dan wawancara diambil dari lokasi Taman Topi, Bogor. Penelitian dilakukan dengan mensurvei lokasi, kemudian meminta izin untuk mewawancarai. Wawancara pun kami lakukan.

 Sumber Data      
Untuk memperoleh data dalam suatu penelitian, diperlukan sumber data. Berikut beberapa sumber yang kami temukan untuk hasil penelitian ini :
Kami mewawancarai seorang Supervisior yang bernama Bapak Utama menjabat sebagai SPV. VM & INTIMATE



KESIMPULAN DAN SARAN

SIM adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi. 

Beberapa kegunaan/fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut :
   1.   Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi. 
   2.   Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis. 
   3.   Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
   4.   Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi. 
   5.   Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
   6.   Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru. 
   7.   Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
   8.   Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka. 
   9.   Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi. 
  10. Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia. 
  11. SIM untuk Pendukung Pengambilan Keputusan


Sistem informasi manajemen memiliki karaktetistik sebagai berikut:


a. SIM tidak mencatat data ke dalam basis data, karena hal ini sudah dilakukan oleh SPT. SIM hanya mengambil atau membaca data dari basis data.


b. SIM banyak mengolah informasi menjadi informasi baru dengan pengolahan informasi. Dalarn beberapa hal, pengolahan informasi bisa saja menjadi satu proses dengan pengolahan data yang ada pada SPT.

c. Informasi dihasilkan melalui berbagai media, baik softeopy (melalui tampilan lay'ar, suara, atau tanda tanda tertentu. n lisalnya alarm) maupun hardcopy (dalam bentuk cetakan). Informasi tercetak diperlukan untuk informasi yang bersifat jangka panjang dan memerlukan analisis, misaInya laporan keuangan atau laporan penjualan. Sedang laporan soficopy diperlukan untuk informasi yang relatifsederhana dan ddak mernerlukan anahsis dalarn waktu lama, misaInya informasi saldo rekening bank dan status kiriman paket.

d. Informasi yang dihasilkan diperlukan untuk membuat keputusan terstruktur dan keputusan semi terstruktur. Keputusan semi terstruktur adalah keputus¬an yang harus diambil karena timbul masalah yang jelas tetapi jalan keluarnya ada yang bersifat jelas dan ada yang tidak jelas. Masalah yang jelas contohnya adalah habisnya barang dagangan di gudang. jalan keluarnya yang jelas ada¬lah harus membeh lagi. jalan kehiar yang tidak jelas ada beberapa, rnisaInya harus membeli kepada pemasok yang mana, berapa banyak kuantitas yang harus dibeli, tunai atau. kredit, kapan dibayar, dan seterusnya.
 
e. SIM banyak digunakan olch para manajer madya, dengan tujuan untuk mengendalikan kegiatan perusahaan agar dapat mencapai tujuan clan sasaran yang telah ditetapkan oleh manajer puncak.

f. Data yang diolah melibatkan data masa Ialu dan data yang baru. Data masa yang akan datang Gebih sering disebut sebagai data untuk analisis) akan banyak diolah olch sistem pendukung keputusan dan sistem pakar.

g. SIM memerlukan waktu relatif lama untuk membangunnya, karena sistem ini tidak tergolong ke dalarn sistem yang sangat dibutuhkan olch manajemen. Manajemen perusahian biasanya mendahulukan SPT, karena digunakat~ untuk mencatat data kegiatan perusahaan. Apabila dimungkinkan, mmaannaajje, men menginginkan membangun SPT clan SIM secara bersarnaan.






Kelompok 2

Nama Kelompok :
  • Riandi Prasetia                    12114703
  • Feby Iriyadi Achmad    12115338
  • Rif'atuddin                           12116399
  • Irma Agustina                         18113158
  • Herli Kurniawan                 18113634 
  • Nisa Hayatunisa                     18112640


Terima Kasih Telah Masuk Blog Saya

4 comments:

  1. good lah buat infonya bisa d copy kali heheh

    ReplyDelete
  2. Dear : Purchasing Import Dept

    Dengan Hormat,
    Kami dari PT.Manunggal Cargo hadir kehadapan Bapak / Ibu untuk memperkenalkan diri dengan harapan dapat menjalin hubungan kerjasama proses pengiriman dan penerimaan barang secara lokal maupun internasional baik lewat Darat, Laut, maupun Udara. Perusahaan kami bergerak sebagai FREIGHT FORWARDER dengan layanan sebagai berikut:

    •Customs Clearance Import (Resmi)
    •Customs Clearance Import Borongan ( ALL- IN )
    •Undername / Consignee Import
    •Door To Door
    •Domestics Transportation & Lain2

    Berikut kami lampirkan penawaran jasa Costoms Clearance Import.
    Demikian perkenalan dari kami,atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

    Best Regards

    Erwin Winata
    PT.MANUNGGAL PRIMA JAYA
    General Trade Exsport Import
    Jl. Raya Setu No 80B Cipayung Jakarta 13880 Indonesia
    Phone : 021-8430-6863 ( Hunting ) Fax : 021-8430-6864
    Mobile : 081282322233
    Email : erwin_manunggal@yahoo.co.id,erwin.manunggal@gmail.com

    Consolidation - Customs Brokerage - Clearance Exp. & Imp - Door To Door - Container Yeard -Domestics Delivery Service

    ReplyDelete