1.1 Sejarah Perusahaan
Sejarah PT MATAHARI DEPARTMENT STORE, Tbk dimulai pada tahun 1958 yang merupakan cikal bakal toko Matahari di area Pasar Baru, Jakarta. Didirikan oleh Bapak Hari Darmawan, yang reputasi dan pengalamannya sangat terkenal di pasar domestik dan internasional. Beliau adalah seorang pengusaha yang dihormati dalam industri ritel.
Logo Matahari diciptakan pada tahun 1972, dan pada tahun ini juga Matahari menjadi pelopor konsep Department Store di Indonesia. Tahun 1975, Matahari mengubah target pasarnya menjadi kelas menengah dan banyak menjual pakaian dalam negeri.
Pada tahun 1996, pemegang saham mayoritas Matahari diubah tangan dari Bapak Hari Dar mawan ke LIPPO GROUP - Indonesia. Transisi kepemilikan membawa Matahari ke struktur dan strategi bisnis baru. Tahun 1998, Kantor Pusat Matahari dipindahkan dari jalan Samanhudi, Jakarta Pusat ke Menara Matahari, Karawaci Tangerang. Selanjutnya pada tahun 2002, Matahari membentuk Tim Manajemen Baru, dan menetapkan bisnis inti yaitu Matahari Department Store dan Matahari Supermarket. Matahari menjadi Unit Bisnis yang transparan dan independen.
Pada tahun 2004, 2005, 2006, dan 2007 Matahari mendapatkan Gold Award bergengsi di Asia Pasik Ritel Top 500 Awards. Saat ini Matahari dipimpin oleh Benjamin J. Mailool, seorang mantan banker dan CEO bisnis property. Matahari menjadi ujung tombak dominasi pasar di dalam industri untuk menjadi peritel modern terkemuka di Indonesia dalam semua aspek ritel.
1.2 Struktur Organisasi
1.3 Visi dan Misi
Visi : Menjadi departemen store terbaikyang berpusat pada customer dalam memberikan solusi kepada customer
Misi : Memberikan solusi terbaik kepada customer dan memberikan pengalaman yang luar biasa dalam mendapatkan loyalitas customer
1.4 Kegiatan yang dilakukan
- Observasi
- Wawancara
Melakukan Dokumentasi
1.5 Waktu dan tempat pelaksanaan
Kami melakukam observasi ke Taman Topi,Bogor pada hari Kamis, 8 November 2012 di kantor Matahari jam 11 siang.
Latar belakang
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar menawar,bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai,los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Menjual kebutuhan sehari-hari seperti pakaian,bahan-bahan makanan,dan lain-lain.Pasar ini masih banyak ditemukan di Indonesia,dan umumnya terletak di kawasan yang cukup padat agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.
Pasar
modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional,namun pasar jenis ini
penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung melainkan pembeli
melihat label harga yang tercantum dlam barang (barcode),berada dalam bangunan
dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh
pramuniaga. Contoh dari pasar modern adalah pasar swalayan,dan
hypermarket,supermarket,dan minimarket.
Pasar
modern adalah pasar tradisional yang berkonsep modern dimana barang-barang
diperjualbelikan di suatu tempat yang bersih dan nyaman. Di dalam pasar bersih
ini menyediakan berbagai jenis dagangan sehingga konsumen bisa mendapatkan
kenyamanan berbelanja.
Keunggulan
dari pasar modern ini adalah memiliki sirkulasi pengunjung yang
teratur,verivikasi dan sanitasi yang baik,kapasitas parkir yang memadai dan
keamanan yang terjamin. Pasar modern ini juga menyediakan fasilitas penunjang
aktivitas pasar seperti musola, ATM, toilet, tempat cuci, dan pemotongan.
Perumusan Masalah
Bisnis ritel di Indonesia terus berkembang seiring dengan kondisi ekonomi yang baik dan peningkatan daya beli masyarakat. Berbagai perusahaan menerapkan langkah strategis untuk pengembangan perusahaannya. Sejumlah pengusaha departemen store melakukan restrukturisasi dan verifikasi usaha kebisnis supermarket. Kehadiran rite lasing dengan persaingan yang tinggi tidak membuat perusahaan untuk menutup usahaannya. Pt Matahari Departemen Store merupakan salah satu ritel local yang masih eksis sampai saat ini ditengah persaingan bisnis ritel dengan dukungan banyak pengunjung kelas atas khususnya ekspatriat yang royal untuk berbelanja di gerainya.
Definisi riset
pasar menurut Malhotra (2004) adalah fungsi yang menghubungkan konsumen,
pengunjung, dan masyarakat dengan pemasar melalui informasi-informasi yang
digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah
pemasaran.
Tujuan dan Manfaat Kegiatan
A.Tujuan
Dalam
melakukan kegiatan riset perusahaan, ada tujuan yang sudah ditargetkan, yaitu
mengetahui sistem penjualan yang berada
di Matahati Departemen Store.
B.Manfaat
B.Manfaat
Manfaat dari observasi ini kita
dapat mengetahui sistem-sistem penjualan
dan mengetahui lebih dalam tentang di Matahari Departemen Store
Metode Penelitian
Observasi dan wawancara diambil dari lokasi Taman Topi, Bogor. Penelitian dilakukan dengan mensurvei lokasi, kemudian meminta izin untuk mewawancarai. Wawancara pun kami lakukan.
Sumber Data
Untuk memperoleh data dalam suatu penelitian, diperlukan
sumber data. Berikut beberapa sumber yang kami temukan untuk hasil penelitian
ini :
Kami mewawancarai
seorang Supervisior yang bernama Bapak Utama menjabat sebagai SPV. VM &
INTIMATE
KESIMPULAN DAN SARAN
SIM adalah suatu sistem
yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang
berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.
Beberapa kegunaan/fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut :
1.
Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji
secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya
prantara sistem informasi.
2.
Menjamin tersedianya kualitas dan
keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3.
Mengembangkan proses perencanaan yang
efektif.
4.
Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan
keterampilan pendukung sistem informasi.
5.
Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada
sistem informasi
6.
Mengantisipasi dan memahami
konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7.
Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi
pengembangan dan pemeliharaan sistem
8.
Organisasi menggunakan sistem informasi untuk
mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan
sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9.
Bank menggunakan sistem informasi untuk
mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan
transaksi yang terjadi.
10. Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk
mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan
jenis barang yang tersedia.
11. SIM untuk Pendukung
Pengambilan Keputusan
Sistem
informasi manajemen memiliki karaktetistik sebagai berikut:
a. SIM tidak mencatat data ke dalam basis data,
karena hal ini sudah dilakukan oleh SPT. SIM hanya mengambil atau membaca data
dari basis data.
b. SIM banyak mengolah informasi menjadi
informasi baru dengan pengolahan informasi. Dalarn beberapa hal, pengolahan
informasi bisa saja menjadi satu proses dengan pengolahan data yang ada pada
SPT.
c. Informasi dihasilkan melalui berbagai media,
baik softeopy (melalui tampilan lay'ar, suara, atau tanda tanda tertentu. n
lisalnya alarm) maupun hardcopy (dalam bentuk cetakan). Informasi tercetak
diperlukan untuk informasi yang bersifat jangka panjang dan memerlukan analisis,
misaInya laporan keuangan atau laporan penjualan. Sedang laporan soficopy
diperlukan untuk informasi yang relatifsederhana dan ddak mernerlukan
anahsis dalarn waktu lama, misaInya informasi saldo rekening bank dan status
kiriman paket.
d. Informasi yang dihasilkan diperlukan untuk
membuat keputusan terstruktur dan keputusan semi terstruktur. Keputusan semi
terstruktur adalah keputus¬an yang harus diambil karena timbul masalah yang
jelas tetapi jalan keluarnya ada yang bersifat jelas dan ada yang tidak jelas.
Masalah yang jelas contohnya adalah habisnya barang dagangan di gudang. jalan
keluarnya yang jelas ada¬lah harus membeh lagi. jalan kehiar yang tidak jelas
ada beberapa, rnisaInya harus membeli kepada pemasok yang mana, berapa banyak
kuantitas yang harus dibeli, tunai atau. kredit, kapan dibayar, dan
seterusnya.
e. SIM banyak digunakan olch para manajer
madya, dengan tujuan untuk mengendalikan kegiatan perusahaan agar dapat
mencapai tujuan clan sasaran yang telah ditetapkan oleh manajer puncak.
f. Data yang diolah melibatkan data masa Ialu
dan data yang baru. Data masa yang akan datang Gebih sering disebut sebagai
data untuk analisis) akan banyak diolah olch sistem pendukung keputusan dan
sistem pakar.
g. SIM memerlukan waktu relatif lama untuk membangunnya, karena sistem ini tidak tergolong ke dalarn sistem yang sangat dibutuhkan olch manajemen. Manajemen perusahian biasanya mendahulukan SPT, karena digunakat~ untuk mencatat data kegiatan perusahaan. Apabila dimungkinkan, mmaannaajje, men menginginkan membangun SPT clan SIM secara bersarnaan.
Kelompok 2
Nama Kelompok :
- Riandi Prasetia 12114703
- Feby Iriyadi Achmad 12115338
- Rif'atuddin 12116399
- Irma Agustina 18113158
- Herli Kurniawan 18113634
- Nisa Hayatunisa 18112640
Terima Kasih Telah Masuk Blog Saya
tes . . .
ReplyDeletethank's atas infonya . . .
ReplyDeletegood lah buat infonya bisa d copy kali heheh
ReplyDeleteDear : Purchasing Import Dept
ReplyDeleteDengan Hormat,
Kami dari PT.Manunggal Cargo hadir kehadapan Bapak / Ibu untuk memperkenalkan diri dengan harapan dapat menjalin hubungan kerjasama proses pengiriman dan penerimaan barang secara lokal maupun internasional baik lewat Darat, Laut, maupun Udara. Perusahaan kami bergerak sebagai FREIGHT FORWARDER dengan layanan sebagai berikut:
•Customs Clearance Import (Resmi)
•Customs Clearance Import Borongan ( ALL- IN )
•Undername / Consignee Import
•Door To Door
•Domestics Transportation & Lain2
Berikut kami lampirkan penawaran jasa Costoms Clearance Import.
Demikian perkenalan dari kami,atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Best Regards
Erwin Winata
PT.MANUNGGAL PRIMA JAYA
General Trade Exsport Import
Jl. Raya Setu No 80B Cipayung Jakarta 13880 Indonesia
Phone : 021-8430-6863 ( Hunting ) Fax : 021-8430-6864
Mobile : 081282322233
Email : erwin_manunggal@yahoo.co.id,erwin.manunggal@gmail.com
Consolidation - Customs Brokerage - Clearance Exp. & Imp - Door To Door - Container Yeard -Domestics Delivery Service
YouTube Betting : YouTube Betting Videos | VIC - Videodl.cc
ReplyDeleteVideos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. youtube to mp3 conconventer Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos. Videos.
Casinos in Columbus, OH | Mapyro
ReplyDeleteFind 당진 출장안마 Casinos near 여수 출장마사지 me on Mapyro® - Find 대전광역 출장마사지 Casinos Near You, compare reviews 여주 출장안마 and get 창원 출장마사지 the best deals! Find the best deal at Mapyro!